Induk UMKM Indonesia Melantik Induk UMKM Provinsi Bali

Saat ini telah lahir wadah dari para pelaku usaha bernama Induk UMKM Indonesia. Wadah ini didirikan guna mempersatukan cita-cita dan komitmen dalam membela kepentingan serta membangun UMKM yang tangguh dan berkualitas di era globaliasasi. Didirikan pertama kali pada tanggal 28 Oktober 2015 yang lalu,  Induk UMKM memiliki visi yakni menuju UMKM yang mandiri, berkualitas, dan berdaya saing menghadapi pasar bebas.

Pada tanggal 26 Januari 2018 ini, akhirnya Kepengurusan Daerah Induk UMKM Indonesia Provinsi Bali terbentuk. Ialah Anak Agung Ngurah Mahendra terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah Induk UMKM Provinsi Bali.

Menurutnya, banyak orang yang sukses yang terlahir bukan dari keluarga kaya. Justru lahir dari kondisi yang pas-pasan. Ia mencontohkan dirinya. Terlahir dari keluarga pedagang acung, tapi dengan semangat dan kerja keras, dirinya bisa sukses dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kita semua di Bali tidak ada terlahir dari pengangguran dan perusahaan besar. Saya terlahir dari pedagang acung, pada umumnya pengusaha Bali terlahir dari padagang acung. Tapi dengan semangat kita bisa berkiprah,” ujarnya saat memberikan sambutan seusai dilantik, Jumat (26/1/2018).

Setelah dirinya dikukuhkan menjadi Ketua Umum Induk UMKM Indonesia Provinsi Bali, Gung Mahendra akan langsung bergerak cepat dengan melakukan pendataan terhadap keberadaan UMKM di Bali, baik yang berijin maupun belum. Bukan hanya itu saja, pihaknya juga membangun konsep E-Commerce.

“Kita seleksi produk-produk mereka. Kita akan bangun konsep E-Commerce, jadi produk mereka kita bawa ke suatu platform. Dimana, platform itu nyambung ke  marketplace, seperti Blibli.com, bukalapak, dan sebagainya,” akunya.

Dengan adanya Induk UMKM Indonesia ini, lanjutnya, dia berharap ekonomi di Bali khususnya UMKM bisa semakin menggeliat. “Semoga bisa mengemban tugas dan memajukan UMKM di Bali,” pungkasnya.

Sumber fajarbali.co.id

Spread the word. Share this post!